Cara Menyimpan/Mengkonversi File Dari Autocad (DWG) ke File Pdf dan Jpeg

Terkadang, Ketika kita bekerja pada Ms. Office seperti Ms. Word, Ms. Power Point dll adakalanya membutuhkan file-file seperti jpeg untuk melengkapi ketikan tersebut, penyebabnya mungkin karena memang dibutuhkan sebagai pelengkap atau hanya sekedar gaya-gayaan...
Namun sebagai mahasiswa teknik hal tersebut akan selalu dialami, karena kebanyakan tugasnya berupa gambar-gambar dan perhitungan.
Hal ini akan menjadi sulit (tentunya tidak sulit bila tau donk..) apabila kita membutuhkan suatu gambar yang berasal dari Software seperti AutoCad 2007 karena secara default AutoCad akan menyimpan file dengan ekstensi dwg bukan Jpeg.
Nah disini saya mencoba untuk sedikit membagi setitik ilmu yang saya dapatkan untuk teman-teman yang mungkin membutuhkannya...

MENYIMPAN KE PDF

Disini saya memberi contoh mengambil sebuah file AutoCad 2007 yang ada gambar denah suatu bangunan untuk disimpan ke Jpeg..



Langkah Selanjutnya file tersebut akan akan kita plot dengan mengklik menu file - Plot atau dengan menekan kombinasi tombol ctrl + P pada keyboard anda...sehingga akan muncul menu pop-up windows seperti gambar dibawah ini :



Bagian terpenting pada menu plot ini yaitu terletak pada area "Printer/Plotter". Disinilah fungsi yang akan mengkonversikan dwg menjadi pdf. Pada baris name, secara default akan memilih device print yang telah terinstall dikomputer anda atau bila belum, defaultnya adalah "Send To OneNote". Kliklah tanda panah kecil disampingnya lalu pilih "DWG to PDF.pc3" untuk menkonversi ke file pdf. Sebenarnya disini masih ada pilihan lain yang kegunaannya belum saya jelaskan dikesempatan ini , mungkin bisa anda coba-coba sendiri dirumah....
Kemudian centang kotak "Plot to File" pada baris "Description" agar filenya tersimpan sebagai file, bila tidak dicentang file ini akan langsung tercetak bila diklik "OK".
Dibaris "Paper size" terserah anda mau pakai kertas ukuran berapa, saya berikan contoh dengan memakai kertas ukuran ISO A4 (297,00 x 210,00 mm).

Pada baris "Plot area" bisa gunakan "Display" untuk kemudahannya, namun bila mau bisa pakai pilihan lain. pada bagian ini berfungsi untuk memplot daerah mana atau gambar mana yang mau dijadikan pdf, tentunya sebelum ini gambar tersebut sudah diposisikan sebaik mungkin seperti contoh gambar pertama diatas.

Selanjutnya Centang kotak "Fit to Paper" pada area "plot scale" agar hasil gambarnya berukuran sesuai dengan ukuran kertas yang dipakai. Skalanya bisa kita tentukan sendiri dengan menghilangkan centang.

Selanjutnya klik "OK" dan akan muncul Pop-up "Browse for plot file". Silahkan pilih tempat menyimpan filenya dan namanya terserah anda lalu klik "Save".

Tunggulah sampai "Plot Job Progress" nya selesai. Semakin besar resolusi gambar yang ingin dikonvert semakin lama progressnya akan selesai, tapi ini masih tergantung dari spek komputer anda tentunya...

                               

Dan hasilnya akan tersimpan sebagai file berektensi PDF....


MENYIMPAN KE JPEG

Bukalah salah satu program pengelola image, seperti saya contohkan disini memakai Adobe Photoshop Cs2. Bila belum ada pada komputer anda silahkan cari dan download di mesin pencari seperti google misalnya, banyak kok yang free disana...

Bila sudah, klik menu file - Open pada program Photoshop tersebut, pastikan pada "files of Type"nya anda pilih "all format" atau bisa langsung file bertipe pdf. Lalu cari file Autocad yang telah kita konversikan ke pdf tadi. Akan muncul jendela "Import Pdf", anda bisa langsung klik "OK" atau atur resolusinya dibagian "Page Option" terlebih dahulu.

Setelah filenya terbuka anda bisa langsung menyimpannya kembali dengan mengklik menu file - Save, lalu kemudian simpan dengan file berekstensi Jpeg atau dengan file berekstensi yang disupport oleh program Photoshop tersebut, tergantung keinginan anda.  Bila tujuan anda ke file Jpeg silahkan simpan dan gunakanlah file tersebut sesuai dengan niat diawal tadi.....

Sekian,
Terima Kasih